NAMA SEKOLAH :
MATA PELAJARAN : ILMU PENGETAHUAN SOSIAL (IPS)
KELAS/SEMESTER : X/1
Kompetensi Dasar
|
Indikator
|
Materi Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
| ||
TM
|
PS
|
PI
| ||||||
1.1 Mengidentifikasi interaksi sebagai proses sosial
|
§ Interaksi sosial dijelaskan berdasarkan pengertiannya
§ Proses sosial dijelaskan berdasarkan pengertiannya
§ Interaksi sosial diidentifikasi menurut syarat-syaratnya
|
· Pengertian interaksi sosial
· Pengertian proses sosial
· Syarat interaksi sosial
|
§ Mengkaji referensi mengenai interaksi sosial berdasarkan pengertiannya
§ Mengkaji referensi mengenai proses sosial berdasarkan pengertiannya
§ Berdiskusi kelas tentang syarat interaksi sosial
|
§ Tes lisan
§ Tes tertulis
§ Pengamatan
|
4
|
-
|
-
|
§ Buku-buku sosiologi
§ Buku-buku pegangan sosiologi SLTA
§ Koran
§ Gambar/ kliping
§ Lingkungan sosial sekitar
|
1.2 Mendeskripsikan sosialisasi sebagai proses pembentukan kepribadian
|
§ Sosialisasi dijelaskan berdasarkan pengertiannya
§ Sosialisasi diidentifikasi menurut media yang dilalui
§ Pembentukan kepribadian dideskripsikan menurut faktor-faktor yang mempengaruhinya
|
· Pengertian sosialisasi
· Media sosialisasi
· Faktor-faktor yang mempengaruhi pembentukan kepribadian
|
§ Berdiskusi kelas tentang sosialisasi berdasarkan pengertiannya
§ Tugas kelompok mengenai sosialisasi menurut media yang dilalui
§ Berdiskusi tentang pembentukan kepribadian menurut faktor-faktor yang mempengaruhinya
|
· Tes lisan
· Tes tertulis
· Performansi
· Pengamatan
· Portofolio
|
4
|
-
|
-
| |
1.3 Mengidentifikasi bentuk-bentuk interaksi sosial
|
· Interaksi primer diidentifikasi berdasarkan fenomena sosial di lingkungan sekitar
· Interaksi sekunder diidentifikasi berdasarkan fenomena sosial di lingkungan sekitar
|
· Interaksi primer
· Interaksi sekunder
|
· Mengamati tentang interaksi primer berdasarkan fenomena sosial di lingkungan sekitar
· Tanya jawab tentang interaksi sekunder berdasarkan fenomena sosial di lingkungan sekitar
|
· Tes lisan
· Tes tertulis
· Portofolio
· Pengamatan
|
2
|
-
|
-
|
NAMA SEKOLAH : SMK YAPENTOB TOBOALI
MATA PELAJARAN : ILMU PENGETAHUAN SOSIAL (IPS)
KELAS/SEMESTER : X/1
Kompetensi Dasar
|
Indikator
|
Materi Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
| |||
TM
|
PS
|
PI
| |||||||
2.1 Menjelaskan proses perkembangan kolonialisme dan imperialisme Barat serta pengaruh yang ditimbulkannya di berbagai daerah
|
· Proses perkembangan kolonialisme dan imperialisme Barat dijelaskan berdasarkan pengaruh yang ditimbulkan di berbagai daerah
|
· Latar belakang kedatangan orang-orang Eropa di dunia Timur
· Masuknya kekuatan asing di Nusantara melalui kongsi perdagangan, perluasan kolonialisme dan imperialisme Barat serta terbentuknya pemerintahan Hindia-Belanda, Sistem Tanam paksa, Sistem Politik Pintu Terbuka dan Politik Etis
· Dampak sosial, ekonomi, politik, dan budaya akibat kolonialisme dan imperialisme Barat di Nusantara
· Perlawanan rakyat dan kerajaan-kerajaan di Nusantara dalam menentang kolonialisme dan imperialisme Barat
|
· Mendiskusikan latar belakang kedatangan orang-orang Eropa di dunia Timur
· Mencari sumber informasi tentang masuknya kekuatan asing di Nusantara melalui kongsi perdagangan perluasan kolonialisme dan imperialisme Barat serta terbentuknya pemerintahan Hindia-Belanda, Sistem Tanam Paksa, Sistem Politik Pintu Terbuka dan Politik Etis
· Mengidentifikasi dampak sosial, ekonomi,politik dan budaya akibat kolonialisme dan imperialisme di Nusantara
· Berdiskusi kelas mengenai perlawanan rakyat dan kerajaan-kerajaan di Nusantara dalam menentang kolonialisme dan imperialisme
|
· Tes tertulis
· Tes lisan
· Observasi
· Performansi
· Portofolio
|
14
|
-
|
-
|
· Buku-buku
sejarah
· CD pembelajaran sejarah
· Slide peristiwa-peristiwa sejarah
· Foto-foto tokoh dan peristiwa sejarah
· Museum
· Perpustakaan
| |
Kompetensi Dasar
|
Indikator
|
Materi Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
| |||
TM
|
PS
|
PI
| |||||||
2.2 Menguraikan proses terbentuknya kesadaran nasional, identitas
|
· Proses terbentuknya kesadaran nasional, identitas nasional, identitas
|
· Faktor-faktor yang melatarbelakangi munculnya pergerakan nasional di Indonesia (faktor internal dan eksternal)
· Perkembangan pendidikan dan awal munculnya kesadaran nasional
· Bentuk dan strategi organisasi pergerakan Nasional Indonesia
· Gagasan persatuan dan kesatuan bangsa serta terbentuknya identitas kebangsaan Indonesia
|
· Mendiskusikan faktor-faktor yang melatarbelakangi pergerakan nasional di Indonesia (faktor internal dan eksternal)
· Mendiskusikan perkembangan pendidikan dan awal munculnya kesadaran nasional
· Menganalisis bentuk dan strategi organisasi pergerakan Nasional Indonesia
· Mendiskusikan gagasan persatuan dan kesatuan bangsa serta terbentuknya identitas kebangsaan Indonesia
|
· Tes tertulis
· Tes lisan
· Performansi
· Portofolio
|
8
|
-
|
-
|
· Buku-buku pembelajaran sejarah dan sumber tercetak lain yang relevan
· Foto-foto tokoh dan peristiwa sejarah
· CD pembelajaran sejarah
· Museum
· Perpustakaan
| |
NAMA SEKOLAH : SMK YAPENTOB TOBOALI
MATA PELAJARAN : ILMU PENGETAHUAN SOSIAL (IPS)
KELAS/SEMESTER : X/2
Kompetensi Dasar
|
Indikator
|
Materi Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
| ||
TM
|
PS
|
PI
| ||||||
3.1 Mengidentifikasi kebutuhan manusia
|
§ Kebutuhan manusia dideskripsikan sesuai dengan pengertiannya
§ Kebutuhan manusia diindentifikasikan sesuai dengan macamnya
· Faktor yang mempengaruhi kebutuhan diidentifikasi sesuai dengan sifatnya
|
Kebutuhan Manusia
· Pengertian Kebutuhan
· Macam-macam kebutuhan
· Faktor yang mempengaruhi kebutuhan
|
· Mencari informasi tentang : pengertian kebutuhan, macam-macam kebutuhan manusia melalui berbagai macam sumber.
· Mendiskusikan secara berkelompok bermacam-macam kebutuhan manusia di daerah tempat tinggal siswa.
· Mendiskusikan secara berkelompok faktor-faktor yang mempengaruhi kebutuhan di daerah tempat tinggal siswa.
|
· Tes lisan
· Tes tertulis
· Pengamatan
|
2
|
-
|
-
|
· Buku-buku ekonomi
· CD pembelajaran
|
3.2 Mendeskripsikan berbagai sumber ekonomi yang langka dan kebutuhan manusia yang tidak terbatas
|
· Benda pemuas kebutuhan manusia diidentifikasi sesuai dengan jenis dan kegunaannya
· Kelangkaan dideskripsikan sesuai dengan pengertiannya
|
· Jenis-jenis dan kegunaan benda pemuas kebutuhan manusia
· Pengertian kelangkaan
|
· Mendiskusikan secara berkelompok mengenai jenis dan kegunaan benda pemuas kebutuhan manusia serta contoh-contohnya dari berbagai sumber
· Mendiskusikan arti dan faktor penyebab kelangkaan di daerah setempat dan sekitarnya.
|
· Tes tertulis
· Tes lisan
· Pengamatan
· Penugasan
|
4
|
-
|
-
|
· Buku-buku ekonomi
· CD pembelajaran
· Kliping koran dan majalah
· Internet
|
Kompetensi Dasar
|
Indikator
|
Materi Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
| ||
TM
|
PS
|
PI
| ||||||
· Kelangkaan diidentifikasikan sesuai dengan faktor-faktor penyebabnya.
· Biaya peluang diidentifikasikan sesuai dengan pengertiannya
· Contoh biaya peluang ditunjukkan sesuai dengan penyebabnya
|
· Faktor penyebab kelangkaan
· Pengertian biaya peluang.
· Contoh biaya peluang pada kesempatan kerja.
|
· Mendiskusikan kegiatan pemilihan pemuasan kebutuhan untuk menemukan konsep biaya peluang.
· Mendiskusikan contoh biaya peluang pada kesempatan kerja bila melakukan produksi di bidang lain
| ||||||
3.3 Mengidentifikasi masalah pokok ekonomi, yaitu tentang apa, bagaimana dan untuk siapa barang dan jasa diproduksi
|
§ Barang dan jasa diidentifikasi kan sesuai dengan apa, bagaimana, dan untuk siapa barang dan jasa diproduksi
· Sistem ekonomi dideskripsikan sesuai dengan pengertiannya
· Sistem ekonomi dideskripsikan sesuai dengan macamnya
· Sistem ekonomi diidentifikasikan sesuai dengan caranya dalam memecahkan masalah ekonom
|
Masalah Pokok Ekonomi :
· Barang apa yang diproduksi.
· Bagaimana cara memproduksi.
· Untuk siapa barang diproduksi.
Sistem ekonomi :
· Pengertian Sistem ekonomi
· Macam-macam sistem ekonomi
· Kebaikan dan kelemahan sistem ekonomi.
· Cara memecahkan masalah ekonomi melalui sistem ekonomi yang dianut.
|
· Mendiskusikan masalah pokok ekonomi : apa, bagaimana, dan untuk siapa barang dan jasa diproduksi.
· Mengidentifikasi barang dan jasa apa, bagaimana cara memproduksi dan untuk siapa barang dan jasa diproduksi melalui studi lapangan pada produsen barang dan jasa
· Mengkaji referensi tentang sistem ekonomi : pengertian, macam, dan kebaikan-kelemahan
· Mendiskusikan cara sistem ekonomi dalam memecahkan masalah ekonomi melalui contoh-contoh di berbagai negara
|
· Tes tertulis
· Tes lisan
· Pengamatan
· Penugasan
|
4
|
-
|
2 (8)
|
· Buku-buku ekonomi
· CD pembelajaran
· Produsen barang dan jasa
· Majalah
|
NAMA SEKOLAH : SMK YAPENTOB TOBOALI
MATA PELAJARAN : ILMU PENGETAHUAN SOSIAL (IPS)
KELAS/SEMESTER : X/2
Kompetensi Dasar
|
Indikator
|
Materi Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
| |||||||
TM
|
PS
|
PI
| |||||||||||
4.1 Mendeskripsikan berbagai kegiatan ekonomi dan pelaku-pelakunya
|
· Kegiatan produksi, distribusi, dan konsumsi dideskripsikan sesuai dengan pengertiannya
· Pelaku-pelaku ekonomi diidentifikasi sesuai dengan peran dan pola interaksi diantara mereka
|
· Produksi, distribusi, dan konsumsi sebagai kegiatan ekonomi utama :
- Pengertian dan tujuan produksi, distribusi, dan konsumsi.
- Fungsi produksi dan distribusi
· Pelaku-pelaku ekonomi :
- Produsen, konsumen, pemerintah, masyarakat luar negeri.
· Peran dan pola interaksi pelaku ekonomi
|
· Mendiskusikan secara berkelompok tentang beberapa benda yang ada dikelas dalam kaitannya dengan kegiatan produksi, konsumsi, dan distribusi.
· Mengkaji referensi tentang pelaku-pelaku ekonomi : peran dan pola interaksi diantara mereka.
|
· Tes lisan
· Tes tertulis
· Pengamatan
|
2
|
-
|
-
|
· Buku-buku ekonomi
· Koran
· Internet
· CD pembelajaran
| |||||
4.2 Membedakan prinsip ekonomi dan motif ekonomi
|
· Motif ekonomi dideskripsikan sesuai dengan fungsinya sebagai landasan kegiatan ekonomi
· Contoh tindakan manusia dideskripsikan sesuai dengan prinsip ekonomi
· Contoh tindakan manusia dideskripsikan sesuai dengan berbagai motif ekonomi
|
· Prinsip ekonomi
· Berbagai motif ekonomi
|
· Menggali informasi tentang pengertian prinsip ekonomi dan motif ekonomi dan macamnya melalui studi pustaka
· Mendiskusikan berbagai contoh tindakan/kegiatan masyarakat yang dilandasi prinsip ekonomi dan motif-motif ekonomi
|
· Tes lisan
· Penugasan
|
2
|
-
|
-
|
· Buku-buku ekonomi
· Koran, majalah
· Lingkungan sekitar (Koperasi sekolah)
| |||||
Kompetensi Dasar
|
Indikator
|
Materi Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
| |||||||
TM
|
PS
|
PI
| |||||||||||
4.3 Mendeskripsikan perilaku konsumen dan produsen
|
§ Manfaat dan nilai suatu barang dideskripsikan sesuai dengan macamnya
§ Faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku konsumen dideskripsikan sesuai dengan pembagiannya.
§ Perilaku konsumsi diuraikan sesuai dengan macamnya.
|
Perilaku konsumen dan produsen
· Manfaat dan nilai suatu barang
· Perilaku konsumen
· Perilaku produsen
|
§ Membahas manfaat dan nilai suatu barang dan contoh-contohnya
§ Mendiskusikan faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku konsumen dan produsen melalui studi pustaka
§ Mendiskusikan secara berkelompok mengenai perilaku konsumen dan produsen
|
·Tes tertulis
·Tes lisan
· Penugasan
|
2
|
-
|
-
|
· Buku-buku ekonomi
· Lingkungan (perusahaan)
· Koran
· CD pembelajaran
| |||||
4.4 Mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi permintaan dan penawaran
|
· Permintaan dan penawaran dideskripsikan sesuai dengan pengertiannya
· faktor-faktor yang mempengaruhi permintaan dan penawaran dideskripsikan sesuai dengan jenisnya
· kurva permintaan dan penawaran digambarkan sesuai dengan contoh-contoh yang ada.
|
Permintaan dan Penawaran
· Pengertian permintaan dan kurva permintaan.
· Faktor yang mempengaruhi permintaan.
· Pengertian penawaran dan kurva penawaran
· Faktor yang mempengaruhi penawaran
|
· Menggali informasi untuk menemukan arti permintaan dan penawaran.
· Mendiskusikan faktor-faktor yang mempengaruhi permintaan dan penawaran terhadap barang (misal lewat kliping koran).
· Menggambar kurva permintaan dan penawaran dari satu daftar transaksi ( misal : telur menjelang dan sesudah hari raya).
|
· Tes tertulis
· Tes lisan
· Penugasan
|
2
|
-
|
-
|
· Buku-buku ekonomi
· Koran/kliping koran
· Laporan penjualan perusahaan beberapa periode
| |||||
Kompetensi Dasar
|
Indikator
|
Materi Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
| |||||||
TM
|
PS
|
PI
| |||||||||||
4.5 Menjelaskan hukum permintaan dan hukum penawaran serta asumsi yang mendasarinya
|
§ hukum permintaan dan hukum penawaran dideskripsikan sesuai dengan asumsi-asumsi yang mendasari
§ contoh penerapan hukum permintaan dan hukum penawaran ditunjukkan sesuai dengan kejadian dalam kehidupan di masyarakat.
§ Fungsi penawaran dan fungsi permintaan dideskripsikan sesuai dengan pencermatan pada kurva
|
· Hukum Permintaan dan Hukum Penawaran
· Fungsi Permintaan dan fungsi penawaran
|
· Menemukan hukum permintaan dan penawaran serta asumsi-asumsinya melalui pengkajian referensi.
· Mendiskusikan penerapan hukum permintaan dan penawaran terhadap barang dalam kehidupan di masyarakat (misal : lewat media koran).
· Menemukan fungsi permintaan dan penawaran melalui pencermatan kurva permintaan dan penawaran terhadap barang (misal jeruk pontianak).
|
·Tes tertulis
· Tes lisan
|
4
|
-
|
-
|
· Buku-buku ekonomi
· Koran/kliping koran
· CD pembelajaran
| |||||
4.6 Mendeskripsikan pengertian harga keseimbangan dan elastisitas
|
§ Terbentuknya harga keseimbangan dideskripsikan sesuai dengan prosesnya
§ proses terbentuknya harga keseimbangan dideskripsikan dengan menggunakan tabel dan gambar grafik
§ Pergeseran titik keseimbangan dideskripsikan sesuai dengan sebab-sebabnya.
§ elastisitas dideskripsikan sesuai dengan pengertian dan macam-macamnya
§ elastisitas permintaan dan penawaran dihitung dengan menggunakan tabel, grafik dan matematis
|
· Pengertian Harga Keseimbangan
· Menentukan harga keseimbangan
· Pergeseran titik keseimbangan
· Pengertian elastisitas dan macam- macamnya.
· Menentukan Elastisitas permintaan dan penawaran
|
· Mendiskusikan proses terbentuknya harga keseimbangan dari suatu transaksi jual beli.
· Menentukan harga keseimbangan dengan menggunakan tabel, dan grafik
· Mengkaji referensi untuk merumuskan pengertian elastisitas dan macam-macam
elastisitas (misal : barang-barang elektronik dan barang kebutuhan pokok ).
· Menghitung elastisitas permintaan dan penawaran dengan menggunakan tabel, grafik dan matematis
|
· Tes tertulis
· Tes lisan
· Penugasan
|
4
|
-
|
-
|
· Buku-buku ekonomi
· Kliping koran
· Majalah
| |||||
Kompetensi Dasar
|
Indikator
|
Materi Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
| |||||||
TM
|
PS
|
PI
| |||||||||||
4.7 Mendeskripsikan berbagai bentuk pasar barang dan jasa
|
§ berbagai pasar output (pasar persaingan sempurna dan pasar persaingan tidak sempurna)dideskripsikan sesuai dengan bentuknya
§ contoh nyata berbagai bentuk pasar dideskripsikan sesuai dengan bentuknya
|
Pasar output
· Pengertian pasar barang dan jasa
· Bentuk-bentuk Pasar barang (pasar output)
|
· Melakukan kajian referensi untuk mendeskripsikan pengertian dan bentuk-bentuk pasar barang dan jasa
· Menggali informasi mengenai contoh-contoh kongkrit yang ada di lingkungan dari tiap bentuk pasar melalui kunjungan lapangan
|
· Tes tertulis
· Tes lisan
· Pengamatan
· Penugasan
|
2
|
-
|
2 (8)
|
· Buku-buku ekonomi
· Koran
· Majalah bisnis
· Lingkungan sekitar
· Berbagai pasar
| |||||
NAMA SEKOLAH : SMK YAPENTOB TOBOALI
MATA PELAJARAN : ILMU PENGETAHUAN SOSIAL (IPS)
KELAS/SEMESTER : Xl/1
Kompetensi Dasar
|
Indikator
|
Materi Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
| ||
TM
|
PS
|
PI
| ||||||
5.1 Mendeskripsikan bentuk-bentuk struktur sosial dalam fenomena kehidupan
|
§ Struktur sosial dijelaskan berdasarkan pengertian dan ciri-cirinya
§ Struktur sosial dideskripsikan menurut fungsi dan bentuk-bentuknya
|
· Pengertian dan ciri struktur sosial
· Fungsi dan bentuk-bentuk struktur sosial
|
§ Menggali informasi tentang struktur sosial berdasarkan pengertian dan ciri-cirinya.
§ Berdiskusi tentang struktur sosial menurut fungsi dan bentuk-bentuknya
|
· Tes tertulis
· Pengamatan
|
4
|
-
|
-
|
§ Buku-buku sosiologi
§ Buku-buku pegangan sosiologi SLTA
§ Koran
§ Gambar/
kliping
§ Lingkungan sosial sekitar
|
5.2 Menganalisis faktor penyebab konflik sosial dalam masyarakat
|
§ Konflik sosial dijelaskan menurut pengertiannya
§ Konflik sosial diidentifikasi berdasarkan faktor-faktor penyebabnya
§ Konflik sosial diidentifikasi berdasarkan bentuk pengendaliannya
§ Konflik sosial dianalisis berdasarkan dampak yang muncul
|
· Pengertian konflik sosial
· Faktor-faktor penyebab konflik sosial
· Bentuk pengendalian konflik sosial
· Dampak konflik sosial
|
§ Menggali informasi tentang konflik sosial menurut pengertiannya
§ Berdiskusi kelompok tentang konflik sosial berdasarkan faktor-faktor penyebabnya
§ Berdiskusi kelas tentang konflik sosial berdasarkan bentuk pengendaliannya
§ Tugas individu tentang konflik sosial berdasarkan dampak yang muncul
|
· Tes lisan
· Tes tertulis
· Pengamatan
· Portofolio
|
8
|
-
|
-
|
NAMA SEKOLAH : SMK YAPENTOB TOBOALI
MATA PELAJARAN : ILMU PENGETAHUAN SOSIAL (IPS)
KELAS/SEMESTER : XI/1
Kompetensi Dasar
|
Indikator
|
Materi Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
| ||
TM
|
PS
|
PI
| ||||||
6. 1 Mendeskripsikan berbagai kelompok sosial dalam masyarakat multikultural
|
§ Kelompok sosial dijelaskan berdasarkan pengertiannya
§ Masyarakat multikultural dideskripsikan berdasarkan pengertiannya
§ Kelompok sosial dan masyarakat multikultural dideskripsikan menurut hubungan yang ada
|
· Pengertian kelompok sosial
· Pengertian masyarakat multikultural
· Hubungan kelompok sosial dengan masyarakat multikultural
|
§ Mengkaji referensi tentang kelompok sosial berdasarkan pengertiannya
§ Berdiskusi tentang masyarakat multikultural berdasarkan pengertiannya
§ Berdiskusi tentang hubungan kelompok sosial dengan masyarakat multikultural
|
· Tes tertulis
· Pengamatan
|
6
|
-
|
-
|
§ Buku-buku sosiologi
§ Buku-buku antropologi
§ Buku-buku pegangan sosiologi & antropologi SLTA
§ Koran
§ Gambar/
kliping
§ Lingkungan sosial sekitar
|
6. 2 Mendeskripsikan perkembangan kelompok sosial dalam masyarakat multikultural
|
§ Masyarakat multikultural dideskripsikan menurut faktor penyebabnya
§ Masyarakat multikultural di Indonesia diidentifikasi berdasarkan karakteristiknya
|
· Faktor penyebab timbulnya masyarakat multikultural
· Karakteristik masyarakat multikultural di Indonesia
|
§ Tugas kelompok tentang masyarakat multikultural menurut faktor penyebabnya
§ Berdiskusi kelas tentang masyarakat multikultural di Indonesia berdasarkan karakteristiknya
|
· Tes tertulis
· Pengamatan
· Portofolio
|
6
|
-
|
-
|
Kompetensi Dasar
|
Indikator
|
Materi Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
| ||
TM
|
PS
|
PI
| ||||||
6. 3 Mendeskripsikan keanekaragaman kelompok sosial dalam masyarakat multikultural
|
· Solidaritas mekanik dan solidaritas organik dijelaskan menurut pendapat Durkheim
· Gemeinschaft dan gesselschaft dijelaskan menurut pendapat F. Tonnies
Kelompok primer dan kelompok sekunder dijelaskan menurut pendapat C.H. Cooley dan E. Farris
· In-group dan out-group dijelaskan menurut pendapat W.G. Sumner
|
· Solidaritas mekanik dan solidaritas organik
· Gemeinschaft dan gesselschaft
· Kelompok primer dan kelompok sekunder
· In-group dan out-group
|
Berdiskusi dan tugas kelompok tentang kelompok-kelompok sosial dalam masyarakat multikultural menurut beberapa tokoh sosiologi
|
· Tes tertulis
· Performansi
· Pengamatan
· Portofolio
|
8
|
-
|
-
|
NAMA SEKOLAH : SMK YAPENTOB TOBOALI
MATA PELAJARAN : ILMU PENGETAHUAN SOSIAL (IPS)
KELAS/SEMESTER : XI/2
Kompetensi Dasar
|
Indikator
|
Materi Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
| ||
TM
|
PS
|
PI
| ||||||
7. 1 Mengidentifikasi berbagai budaya lokal, pengaruh budaya asing, dan hubungan antarbudaya
|
§ Budaya dan budaya lokal dijelaskan menurut pengertiannya
§ Budaya dijelaskan berdasarkan unsur-unsurnya
§ Budaya lokal di Indonesia diidentifikasi berdasarkan macam-macamnya
§ Masuknya budaya asing diidentifikasi melalui dampak yang ditimbulkan
§ Budaya diidentifikasi berdasarkan hubungannya antarbudaya
|
· Pengertian budaya dan budaya lokal
· Unsur-unsur budaya
· Macam-macam budaya lokal di Indonesia
· Dampak masuknya budaya asing
· Hubungan antarbudaya
|
§ Menyimak tentang pengertian budaya, budaya lokal, dan unsur-unsur budaya
§ Berdiskusi tentang macam-macam budaya lokal di Indonesia
§ Diskusi kelompok tentang dampak masuknya budaya asing
§ Tugas kelompok tentang hubungan antarbudaya
|
· Tes lisan
· Tes tertulis
· Performansi
· Pengamatan
· Portofolio
|
10
|
-
|
-
|
§ Buku-buku antropologi
§ Buku-buku pegangan antropologi SLTA
§ Koran
§ Gambar/ kliping
§ Lingkungan sosial & alam sekitar
§ Benda-benda budaya
|
7. 2 Mendeskripsikan potensi keberagaman budaya yang ada di masyarakat setempat dalam kaitannya dengan budaya nasional
|
· Keberagaman budaya diidentifikasi berdasarkan faktor-faktor penyebabnya
· Keberagaman budaya dianalisis berdasarkan manfaatnya
· Contoh-contoh budaya lokal dideskripsikan sesuai kondisi masyarakat setempat
|
· Faktor-faktor penyebab keberagaman budaya
· Manfaat keberagaman budaya
Contoh-contoh budaya lokal di masyarakat setempat
|
· Berdiskusi kelas tentang keberagaman budaya berdasarkan faktor-faktor penyebabnya dan manfaat keberagaman budaya
· Tugas individu tentang contoh-contoh budaya lokal sesuai kondisi masyarakat setempat
|
· Tes tertulis
· Pengamatan
· Portofolio
|
8
|
-
|
-
| |
Kompetensi Dasar
|
Indikator
|
Materi Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
| ||
TM
|
PS
|
PI
| ||||||
7. 3 Mengidentifikasi berbagai alternatif penyelesaian masalah akibat adanya keberagaman budaya
|
· Keberagaman budaya dijelaskan berdasarkan masalah-masalah yang muncul
· Integrasi nasional dideskripsikan berdasarkan kepentingan dalam NKRI
§ Menjaga keselarasan antarbudaya diidentifikasi berdasarkan peran pemerintah dan masyarakat
|
· Masalah-masalah yang muncul akibat keberagaman budaya
· Pentingnya integrasi nasional
· Peran masyarakat dalam menjaga keselarasan antarbudaya
· Peran pemerintah dalam menjaga keselarasan antarbudaya
|
· Berdiskusi tentang masalah-masalah yang muncul akibat keberagaman budaya
· Menyimak informasi tentang pentingnya integrasi nasional berdasarkan NKRI
§ Berdiskusi kelompok tentang peran pemerintah dan masyarakat dalam menjaga keselarasan antarbudaya
|
· Tes lisan
· Tes tertulis
· Pengamatan
|
8
|
-
|
-
| |
7. 4 Menunjukkan sikap toleransi dan empati sosial terhadap keberagaman budaya
|
· Menghargai budaya orang lain ditunjukkan dalam sikap sehari-hari
§ Menjaga dan melestarikan budaya lokal ditunjukkan dalam kehidupan sehari-hari
|
· Menghargai budaya orang lain
· Menjaga dan melestarikan budaya lokal
|
· Simulasi tentang menghargai budaya orang lain
· Bermain peran tentang menjaga dan melestarikan budaya lokal
|
· Tes lisan
· Pengamatan
· Skala sikap
· Wawancara
|
6
|
-
|
-
|
No comments:
Post a Comment